Sejarah Reruntuhan St Paul – Macau

1-st-paul-macau

Reruntuhan St Paul merupakan situs yang tersisa dari gereja St Paul. Pembangunan gereja Katolik ini dimulai pada tahun 1602. Dulunya merupakan gereja terbesar di Macau, tetapi dibakar habis di tahun 1835, hanya menyisakan dinding besar http://www.katanabet.com yang sangat indah serta dengan tangga depannya saja. Reruntuhan ini punya sejarah yang menarik sekali.

Gereja ini dibangun pada tahun 1602 bersamaan dengan Jesuit College of St Paul yang merupakan kampus Barat pertama di Asia Timur. Misionaris seperti Matteo Ricci dan Adam Schall mempelajari bahasa Cina di universitas ini sebelum melayani di Ming Court di Beijing sebagai ahli astronomi dan juga ahli matematika. Gereja ini terbuat dari kayu, dan dihias serta difurnish dengan luar biasa. Dinding yang terbuat dari batu dibangun pada tahun 1620-27 oleh pengrajin Kristen Jepang yang dulunya merupakan pengungsi setelah agama itu disapu bersih di Jepang. Dinding tersebut dibangun di bawah arahan Jesuit Italia Carlo Spinola.

Kaum Jesuits kemudian diusir, dan kampus itu digunakan sebagai barak tentara. Di tahun 1835, api menghancurkan kampus tersebut dan bangunan gereja. Dinding yang tersisa berdiri dengan 4 tingkat, dan tertutupi dengan hiasan dan juga patung-patung yang menggambarkan Gereja Katolik mula-mula di Asia. Terdapat patung dari the Virgin dan the Saints, simbol dari taman Eden dan juga penyaliban, dan hiasan malaikat dan iblis, seekor naga Cina dan krisantemum Jepang, sebuah kapal Portugis, ayat yang ditulis dalam karakter Cina untuk memperingatkan orang-orang.

Dinding tersebut terlihat rapuh, tetapi dibangun dengan baja, dan di sisi belakang reruntuhan ini, sebuah museum dibangun tahun 1995. Terdapat makam yang menyimpan jasad-jasad dari para martir Jepang dan Vietnam, dan terdapat sebuah museum sakral dengan lukisan, patung dan objek liturgis.

Dinding ini setinggi 27 meter, lebar 23,5 meter dan tebalnya sampai 2,7 meter. Lantai atas berbentuk segitiga di bawah sebuah salib; di tengahnya terdapat merpati. Merpati itu dikelilingi oleh matahari, bulan dan bintang. Ada juga patung bayi Yesus dengan alat-alat yang digunakan untuk menyalibkan dia.